Google Chrome Browser Tercepat ??

Apa yang terjadi bila kecepatan semua browser diadu? Ternyata Google Chrome-lah sang jawara. Hal itu dibuktikan oleh John Brandon dari situs Extremetech melalui berbagai metode pengukuran. Dari segala browser beken seperti Internet Explorer 7, Mozilla FireFox 3, Opera, maupun Safari milik Apple, ternyata Chrome lebih mengkilap.

"Menurut penilaian skor, Google Chrome adalah rajanya cepat." ujar Brandon. Chrome meraih 30 poin, di atas FireFox (20), dan Opera (10). Selain menakar kecepatan, pengukuran yang dilakukan Brandon juga menganalisa bagaimana tiap browser menangani konten flash, javascript, serta kompatibiiltas coding. Pengukuran tersebut menguji tiap browser berselancar ke situs-situs yang memiliki rich-content, seperti BBC, YouTube, Gamspot, Zoho Writer, dan Fark.com.

Untuk memuat halaman BBC, misalnya, Chrome hanya membutuhkan 9 detik, ketimbang Firefox dan IE7 yang butuh 16 detik. Sementara halaman YouTube dapat ditampilkan hanya dalam 5 detik oleh Chrome, lebih cepat dari Firefox (6 detik), IE7 (7 detik), maupun Opera dan Safari.

Brandon yang melakukan pengukuran berkali-kali di tiga komputer berbeda, mengatakan bahwa Google menggunakan pengetahuannya tentang kebiasaan pengguna melakukan pencarian di Internet dan berselancar untuk mengoptimalkan Chrome.

Firefox, kata Brandon, sudah semestinya menambah kecepatan pada browsernya. Sementara, sudah jelas, Microsoft harus segera meluncurkan IE 8, karena IE7 tak hanya punya masalah dengan kompatibilitas, melainkan juga sangat lamban di berbagai hal.

Chrome, yang dirilis oleh Google September lalu, hingga saat ini masih berada dalam tahap pengembangan (versi beta). Google mengatakan bahwa mereka mendesain Chrome agar para netter dapat berselancar di dunia maya secara lebih cepat dan aman. "Kemajuan internet telah melampaui kemajuan browser sangat jauh," ujar Eric Tholome, director of product management Chrome, mengemukakan alasan Google meluncurkan browser anyarnya.

(http://vivanews.com/)


1 comments:

  1. Anonymous Says:

    dan google chrome juga merupakan browser yang paling tahan virus diantara ke-4 browser yang dissebutkan..
    Tapi saya lebih suka pake Flock :)
    coz d laptop saya GC-nya lebih lola..
    kok Flock ga ikut dibahas?

    Posted on April 14, 2010 at 7:36 AM