Sekilas Info Tentang TCP / IP

Apa itu TCP/IP? mungkin tidak sulit untuk mencari jawabanya karena sudah banyak di tulis situs atau di blog yang lain, TCP/IP singkatan dari Transmission Control Protocol /internet Protokol yang artinya adalah komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer yang lain di dalam jaringan internet. Protokol ini tidak berdiri sendiri, karena protokol ini berupa kumpulan protokol (Protocol suite). Protokol ini merupakan protokol yang bayak di gunakan saat ini.

Sejarah TCP/IP

Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an sebagai protokol standar untuk menghubungkan komputer” dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yeng disebut alamat IP (IP address) yang mengijinkn beberapa ratus juta komputer bisa berhubungan. Protokol inibersifat routable yang berarti cocok menghubungkan sistem yang berbeda seperti Windows dan Unix. seiring waktu protkol ini berkembang. Pengembangan ini di lakukan oleh beberapa badan, seperti halnya Internet Society,Internet Architecture board dan internet Engineering Task Force. dan macam” protokol jalan di atas TCP/IP.

Setiap lapisan yag dimiliki oleh kumpulan Protokol disosialisasikan dengan protokolnya masing- masing. yaitu :

1. Protokol Lapiasn aplikasi.
2. protokol lapisan antar- host.
3. protokol lapiasn internetwork.
4. protokol lapisan antarmuka jaringan.

Pengalamatan

protokol TCP/IP menggunakan dua buah skema pengalamatan yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah komputer dalam jaringan atau jaringan dalam sebuah internetwork. pengalamatna pertama yaitu Pengalamatan IP yang berarti kita harus mempunya hosting untuk bisa mengalamatkan doamin kita.dan yang kedau yaitu Full qualifield domain name (FQDA) yaitu domain name yang dapat memberitahukan nama domain kita.

Layanan

* pengiriman bebas (file transfer).
* remot login.
* computer mail.
* network file system (NSF).
* remote execution.
* name server.

0 comments: