Dasa Wacana

Assalamu'alaykum wr wb. Astaghfirullah, kemana saja saya selama ini?? Di bulan April ini saya nyaris tidak ada nge-posting satu artikel pun... Sangking sibuknya dengan dunia nyata so dunia maya dilupakan deh... Maaf ya blog... Sebenarnya sekarang juga bingung sih mau posting apa... ga tau nih bulan April 'stack' banget. Nah supaya di draft ada postingan di bulan April, nih saya copas aja catatan dari Facebook teman saya, Tedy Muslim Haq. Beliau kuliah di ITB jurusan geofisika. Dulu satu SMA sama saya di SMAN 1 Balikpapan. Ya semoga postingan sederhana ini bermanfaat... amin


Dasa Wacana yang kita pilih untuk mengembangkan hidup yang lebih baik:

1. Jangan pernah menunda sampai besok apa yang dapat kita kerjakan hari ini.



Kita masih terlalu sering menunda pekerjaan, kita sering berkata “nanti aja ah,,besok masih bisa dikerjain kok..”. Coba refleksikan kembali apa2 yang bisa kita kerjakan saat ini.

2. Jangan merepotkan orang lain dengan apa yang sebenarnya dapat kita kerjakan sendiri.

Mungkin, tanpa kita sadari, kita sering merepotkan orang lain dengan hal2 yang harusnya dapat kita kerjakan sendiri. Coba sadari pada diri kita, bahwa orang lain juga mempunyai banyak hal yang harus dikerjakaanya. Janganlah merepotkannya dengan pekerjaan kita yang harusnya bisa kita kerjakan sendiri.

3. Jangan gunakan uang kita sebelum kita memilikinya.

Jangan membeli sesuatu jika kita tidak yakin kita bisa membayarnya.

4. Jangan beli apa yang tidak kita butuhkan hanya karena harganya murah. Padahal, ia akan menjadi mahal bagi kita.

Jika kita lebih memerhatikan apa yang kita beli, banyak sekali hal-hal yang sebenernya tidak kita perlukan, hal-hal tersebut hanyalah sesuatu yang kita inginkan.
5.Keangkuhan harus dibayar lebih mahal dibanding lapar, haus, dan kedinginan.

Lebih baik lapar dan dahaga daripada membuat orang lain menjauh dari diri kita karena keangkuhan diri.

6. Kita tidak pernah menyesal karena makan terlalu sedikit.

Jangan pernah menyesali apa yang telah kita dapatkan, sesalilah apa yang tidak dapat kita lakukan bagi kebaikan orang lain.

7. Lupakan kesalahan-kesalahan masa lalu dan utamakan prestasi-prestasi lebih besar di masa depan.

Berpikirlah visioner, jangan terkurung dalam hal-hal yang sudah berlalu. Pikirkan apa yang bisa kita lakukan kedepan.

8. Tunjukkan selalu muka berseri-seri dan berikan senyuman kepada seriap makhluk hidup yang kita temui.

Karena keceriaan kita dapat membangun suasana emosi yang positif, bagi siapapapun.

9. Berikan sebanyak mungkin waktu untuk memperbaiki diri sehingga kita tidak punya waktu lagi untuk mengkritik orang lain.

Terus memperbaiki diri, self improvement, jangan cepat puas dengan kondisi sekarang, berpikirlah bahwa seharusnya kita dapat melakukan hal yang lebih baik.

10. Jadilah yang terlalu besar untuk merasa khawatir, terlalu hormat untuk marah-marah, terlalu kuat untuk takut, dan terlalu bahagia untuk membiarkan kekacauan.

Selalu berpikir positif dalam setiap kesempatan. Berpikirlah besar, maka kita akan merasa cukup mampu untuk melaksanakan pekerjaan/amanah yang berat sekalipun.

(Thomas Jefferson & Tedy Muslim Haq)

(
http://www.facebook.com/note.php?note_id=81076042343&ref=mf)


0 comments: