Balikpapan Sport and Convention Center (Dome)

Dome Balikpapan, merupakan julukan Gedung Olahraga dan Promosi yang dibangun oleh Pemerintah Kota Balikpapan. Maklum gedung yang berada di Jl. Syarifuddin Yoes Balikpapan ini dibagian atapnya merupakan kubah besar (dome).Gedung olahraga dan Promosi kebanggaan warga Balikpapan ini juga dikenal dengan nama Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC).


Bagian yang khas dari Dome adalah genteng tembaga tegola yang dipasang membentuk kubah. Setelah mengalami oksidasi, genteng tembaga ini berwarna hijau tua. Kombinasi warna perak dinding penyangga atap dan hijau tua gedung dome menjadikan penampakan Dome menjadi teduh dan megah. Apalagi di lokasi pelataran juga ditanam pepohonan yang dapat menambah suasana kesegaran di sekitar Dome Balikpapan.
Dome Balikpapan mulai dibangun tahun 2004 dan selesai tahun 2005.

Pembangunan Dome ini dipersiapkan untuk pelaksanaan PON VII tahun 2008 yang diselenggarakan di Kalimantan Timur. Selama ini, Balikpapan belum punya gedung yang representatif untuk menggelar kegiatan yang bersifat massal dan mampu menampung sekitar 5.000 penonton
Sehari-hari, Dome dimanfaatkan untuk pertunjukan dan pameran. Hal ini sesuai dengan visi kota Balikpapan yang selama ini dipromosikan sebagai kota dagang dan jasa. Dengan sirkulasi 40 persen, lantai dasar bisa menampung 60 stan pameran dan lantai dua 30 stan pameran.

Lahan parkirnya mampu menampung 153 kendaraan roda empat dan 420 sepeda motor. Pelatarannya yang luas, menarik perhatian warga kota Balikpapan untuk menikmati waktu senggangnya di sore hari sambil bermain dengan anak-anaknya yang masih kecil.
Pemanfaatan gedung, selain untuk pertunjukan dan pameran, juga bisa dimanfaatkan kegiatan olahraga. Dalam gedung bisa disiapkan untuk lapangan basket, badminton, bulutangkis, pergelaran tinju, dan olahraga beladiri.

Bila dimanfaatkan untuk lapangan olahraga basket dengan satu line menampung 1.733 penonton. Bolavoli dua line dengan jumlah penonton 2.086 penonton dan untuk badminton empat line mampu menampung 2.242 penonton. Untuk di tribun bisa menampung 560 penonton biasa dan 80 orang di tempat VIP.


(http://amanidikara.wordpress.com/)

0 comments: