20 Nasihat Untuk Membahagiakan Istri (dalam sudut pandang Islam)

Rumahku Surgaku. Itulah harapan sebuah pernikahan. Memang, tidak mudah untuk mewujudkan harapan tersebut, bisa-bisa rumahku menjadi nerakaku. Dibutuhkan kerjasama yang harmonis diantara suami dan istri ketika mengarungi bahtera pernikahan. Selain itu, dibutuhkan pemahaman mengenai cara memelihara pernikahan agar tetap harmonis dan tahan terhadap badai ujian. Nah kalo postingan dibawah adalah nasihat untuk istri, maka sekarang 20 nasihat untuk suami.


20 Nasihat Untuk Membahagiakan Suami (dalam sudut pandang Islam)

Hmmm... Agak berani dikit nih pasang postingan khusus sebagai penutup bulan juli. 20 nasihat untuk membahagiakan suami, ya begitula judulnya. Postingan ini saia tujukan kepada anda - anda yang telah berumah tangga, terikat dalam suatu janji suci yaitu pernikahan. Berikut masih dalam buku yang sama, "Nasihat Indah Untuk Suami Istri", karya Syekh Umar Bakri Muhammad, bagaimana para istri memikat suami mereka. Semoga bermanfaat!


1.Anda adalah sekuntum mawar yang sedang bersinar di rumah Anda. Buatlah disaat suami Anda masuk ke rumah, dia merasa bahwa kecantikan dan keharuman mawar tersebut, tidak bukan dan tidak lain hanyalah untuknya seorang.

2.Bagaimana caranya agar suami Anda itu bisa merasa damai dan nyaman, baik dengan perbuatan ataupun dengan kata-kata ? Hal itulah yang secara terus menerus Anda selalu usahakan untuk suami Anda. Untuk kesempurnaannya, lakukan itu dengan sepenuh jiwa.

3.Sopan dan penuh perhatianlah Anda ketika berbincang-bincang dan berdiskusi, jauhkanlah perdebatan dan sikap keras kepala untuk mengemukakan pendapat Anda.

4.Pahami kebenaran dan keindahan prinsip-prinsip Islam di balik kelebihan sang suami terhadap Anda selaku istri, yang memang terkait dengan kodrat seorang wanita, dan janganlah hal ini dianggap sebagai sesuatu yang dzolim (penindasan).

5.Lembutkanlah suara Anda ketika berbicara dengan sang suami dan pastikan suara Anda tidak meninggi pada saat dia bersama Anda.

6.Pastikan Anda bangun pada malam hari untuk melakukan sholat malam secara rutin, hal ini akan membawa kecerahan dan kebahagiaan pada perkawinan Anda, sungguh mengingat Allah SWT akan membawa ketenangan pada hati Anda.

7.Bersikaplah diam ketika suami Anda sedang marah dan jangan tidur kecuali dia mengijinkannya.

8.Berdirilah dekat suami Anda ketika dia sedang memakai baju dan sepatunya.

9.Buatlah suami Anda merasa bahwa Anda menginginkan sang suami untuk mengenakan baju yang Anda pilih buat dia, pilihlah pakaian itu oleh Anda sendiri.

10.Anda harus sensitif dan memahami kebutuhan suami Anda, untuk menjadikan pernikahan Anda menjadi yang terbaik tanpa menghabiskan waktu Anda.

11.Ketika ada perselisihan pendapat, hendaknya Anda tidak menunggu agar sang suami meminta ma’af kepada Anda (jangan jadikan hal ini sebagai prioritas utama harapan Anda) kecuali kalau suami Anda secara sadar mengakuinya.

12.Rawatlah penampilan dan pakaian suami Anda, biarpun kelihatannya suami Anda malas untuk merawat dan memakainya, tapi yakinlah bahwa dia akan menyukainya sebagaimana teman-temannya juga akan menyukainya.

13.Hendaknya Anda tidak selalu mengandalkan suami Anda untuk berkeinginan melakukan hubungan badan, sekali-kali Anda mulailah lebih dulu, tentu pada saat yang tepat.

14.Di malam hari, jadilah seperti pengantin baru buat suami Anda, janganlah Anda beranjak tidur lebih dulu dari sang suami, kecuali kalau dirasa sangat perlu.

15.Janganlah menunggu atau mengharapkan balasan dari semua perbuatan dan kebiasaan baik Anda, banyak suami karena kesibukan kerjanya, gampang melupakan untuk melakukan hal tersebut, atau secara tidak sengaja lupa untuk menyampaikan penghargaan yang semestinya kepada Anda.

16.Hendaknya berbuat sesuai dengan keadaan dan kemampuan keuangan yang ada, dan jangan meminta sesuatu yang berlebihan dan mahal.

17.Ketika suami Anda baru pulang dari perjalanan yang lama ataupun bepergian dari tempat yang jauh, sambutlah dia dengan wajah yang ceria dan tunjukkanlah bahwa Anda sangat merindukan kedatangannya.

18.Ingatlah selalu bahwa keberadaan sang suami adalah salah satu sarana mendekatkan diri Anda kepada Allah SWT.

19.Pastikan Anda untuk selalu memperbaharui dan merubah bentuk penampilan Anda, sebagai tanda dan ungkapan kasih Anda menyambut suami tercinta.

20.Ketika sang suami meminta sesuatu untuk melakukan hal-hal tertentu, maka pastikan Anda melakukannya dengan sigap dan sepenuh hati, jangan sampai Anda merasa enggan dan lamban.

(http://arrahmah.com)

Unpad Resmi Menjadi PTN yang Menerapkan PK-BLU Secara Penuh

"Unpad menjadi lebih leluasa dalam mengelola keuangan, namun bukan berarti dapat mengelola keuangan dengan semena-mena. Pengelolaan harus dilakukan secara lebih bertanggung jawab dan terorganisasi dengan baik, karena secara rutin akan diaudit oleh auditor publik dan dewan pengawas,” ujar Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, di ruang kerjanya, hari Kamis (18/09).

Pernyataan tersebut disampaikan berkaitan dengan status Unpad terkini, yang resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PTN yang menerapkan PK-BLU) secara Penuh. Ketetapan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 260/KMK.05/2008 tentang Penetapan Universitas Padjadjaran pada Departemen Pendidikan Nasional sebagai Instansi Pemerintah yang Menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, tertanggal 15 September 2008, ditandatangani oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Jelas tercantum dalam SK Menkeu, bahwa status PK-BLU secara Penuh memberikan fleksibilitas pengelolaan keuangan pada Unpad, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang PK-BLU dan Peraturan Pelaksanaannya. Unpad pun wajib menyusun sistem akuntansi paling lambat dua tahun setelah ditetapkan menjadi BLU.

Perlu ditegaskan kembali bahwa hingga saat ini Unpad tetap sebagai PTN yang berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi. Namun dimulai sejak SK Menkeu tersebut ditetapkan, Unpad menjadi PTN yang menerapkan PK-BLU secara Penuh.

Selain Unpad, PTN lain yang memiliki status sama adalah Universitas Diponegoro (Undip), Semarang. Unpad dan Undip adalah dua dari lima PTN yang dievaluasi oleh Departemen Keuangan, dari sebelumnya 24 PTN yang mengajukan penetapan PK-BLU.

Unpad sendiri mengajukan penetapan tersebut akhir Mei 2008, melalui upaya Tim Penyusunan Proposal dan Persiapan PK-BLU yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ernie Tisnawati Sule (Fakultas Ekonomi), dengan sekretaris Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, M.Si. (Fakultas Ilmu Komunikasi), dan didukung oleh beberapa anggota dari kalangan dosen dan staf administrasi, yang dibentuk bulan Februari 2008.

Setelah ini, langkah Unpad ke depan adalah menata seluruh mekanisme pengelolaan keuangan. Senada dengan yang disampaikan oleh Rektor, Prof. Ernie pun menyampaikan bahwa dengan menerapkan PK-BLU akan memberikan keleluasaan bagi Unpad untuk mengelola keuangan. “Jadi ada fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan PNBP, namun harus dengan tingkat akuntabilitas dan transparansi yang jelas. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang pendidikan, terutama menyangkut Tridharma Perguruan Tinggi,” paparnya.

“Unpad harus siap dengan organisasi yang betul-betul profesional karena Unpad harus bisa dikelola ‘ala korporasi’, dimana mengutamakan efisiensi dan efektivitas sehingga dicapai produktivitas yang optimal. Mekanisme yang kuat, tidak semena-mena mengelola uang, bertanggung jawab, serta standard operational procedure (SOP) harus dibuat dan dilaksanakan, untuk menjamin tercapainya standar pelayanan minimal (SPM),” tambah Prof. Ernie.

Hal tersebut diungkapkan karena persyaratan administratif instansi pemerintah yang menerapkan PK-BLU tidaklah sederhana. Unpad juga harus mampu menyajikan dokumen pernyataan kesanggupan untuk meningkatkan kinerja pelayanan, keuangan, dan manfaat bagi masyarakat; menunjukkan pola tata kelola; rencana strategi bisnis; laporan keuangan pokok; standar pelayanan minimum; dan pernyataan bersedia untuk diaudit secara independen. Keenam butir persyaratan tersebut seperti yang tercantum dalam PP No.23/2005, Pasal 4 ayat (4).

Jadi ketika berbagai persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi, tuntutan kinerja tidak bagus, atau laporan keuangan yang harus dipenuhi setiap tiga bulan sekali, terlambat, maka status penerapan PK-BLU dapat dicabut kembali.

Dengan menerapkan PK-BLU, walaupun ada keleluasaan tetapi tidak berarti bebas tanpa pengawasan. Berdasarkan PP No.23/2005 Pasal 32 ayat (1), pejabat pengelola BLU terdiri atas pemimpin; pejabat keuangan; dan pelaksana teknis. Adapun keberadaan Dewan Pengawas dijamin Pasal 34 ayat (3). Berkaitan dengan hal ini, Prof. Ernie mengatakan bahwa Dewan Pengawas terdiri dari Depkeu, Depdiknas, dan masyarakat umum, yang di-SK-kan oleh Mendiknas setelah mendapatkan persetujuan Menkeu.

BLU itu sendiri lahir agar instansi pemerintah dapat terdorong untuk mewujudkan entrepreneurial governance dan good governance, yang dengan demikian diharapkan instansi pemerintah dapat mengembangkan diri secara optimal. Sebelumnya yang sudah menerapkan BLU adalah beberapa rumah sakit di bawah Departemen Kesehatan dan juga institusi pendidikan di bawah Departemen Agama. Dalam hal penerapannya di Unpad, seyogyanya dengan PK-BLU menjadikan pengelolaan keuangan lebih fleksibel sehingga kualitas layanan keuangan, akademik, sumber daya manusia, dan sarana prasarana, dapat lebih ditingkatkan.

“Bagi Unpad sendiri, dengan status PTN yang menerapkan PK-BLU adalah sarana latihan untuk persiapan menuju Badan Hukum Pendidikan, jika nanti undang-undangnya sudah keluar,” pungkas Prof. Ernie menutup wawancara.

Dan seperti yang pernah dicetuskan Prof. Ganjar Kurnia, dengan turunnya SK Menkeu tentang Unpad sebagai PTN yang menerapkan PK-BLU adalah merupakan ‘kado’ bagi Unpad pada Dies Natalis ke-51.


Tina Talisa, My Favourite News Announcer

Pada umumnya pembawa acara berita atau news announcer di stasiun - stasiun bis...eh...televisi maksudnya memeliki beberapa kemampuan dasar yang sama, yaitu teknik berbicara yang baik. Lalu biasanya juga memiliki wajah dan penampilan yang menarik. Pada suatu malam pukul 20.00 WIB, saia menonton TVOne sambil tidur - tiduran. Ternyata acaranya "Apa Kabar Indonesia Malam". Pas liat pembawa acaranya, Tina Talisa, saia sih biasa - biasa aja.


Namun setelah masuk ke content acara, ternyata cukup menarik juga acaranya. Dan saia baru sadar, ternyata yang membuat acara ini menarik (selain dikemas secara santai dan lugas) adalah tidak lepas dari peran Tina Talisa sebagai pembawa acaranya. Klo saia perhatiin, Tina Talisa cukup pandai dalam "mempertajam" tema yang sedang dibahas. Bahkan terkadang narasumber sampai terlihat jengkel (hahaha...). Saia pun memberikan apresiasi untuk seorang Tina Talisa dalam membawa suatu acara seperti "Apa Kabar Indonesia Malam"

Hmmm... Tina Talisa lahir di Bandung, 24 Desember 1979 silam. Ternyata Tina Talisa merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Padjadjaran : UNPAD (catettt... UNPAD!!! kampus saia juga nih. Tapi saia anak FMIPA). Nah Teh Tina ini ternyata bergelar sarjana di bidangnya lho (IPK-nya berapa ya??). Jadi teh Tina pernah merasakan menjadi seorang dokter gigi. Kira - kira banyak ga ya pasien yg berobat ke teh Tina?? hahaha. Lanjut... Oh iya, ada yang tau ga? Ternyata teh Tina ini adalah finalis Putri Indonesia 2003, juara I Mojang Jawa Barat 2003, dan Juara I Mojang Kota Bandung 2002 (beuh... mantabh pisan euy!!!)

Tapi BeTeWe EniWei, ko' bisa teh Tina banting stir (emank supir damri DU-Jatinangor..) dari seorang dokter gigi menjadi presenter berita TV?? Ketertarikan itu timbul ketika teh Tina menjadi penyiar di radio Paramuda dan radio Mustika. Dari sinilah awal mulanya teh Tina beralih profesi menjadi pembawa berita (News Announcer). Teh Tina mengawali karier di Trans TV sebagai pembawa berita di Reportase Sore. Lalu teh Tina pindah ke Lativi (kini berganti nama menjadi TVOne). Di TVOne teh Tina menjadi presenter di Acara "Apa Kabar Indonesia Malam". Acara yang sekarang selalu saia saksikan. Selain acaranya memang menarik dan bermanfaat, tentunya karena ada Teh Tina Talisa, my favourite News Announcer... ^__^

Who is Jason Mraz ???



Lyrics | Jason Mraz Lyrics | Lucky Lyrics

"So I won't hesitate no more, no more
It cannot wait I'm sure
There's no need to complicate
Our time is short
This is our fate, I'm yours"

Itulah reff lagu "I'm Yours" dari Jason Mraz. Lagunya easy listening dan very calm. Sehingga tidak salah jika lagu ini menjadi salah satu top hits di beberapa tangga lagu dalam dan luar negeri. Dan dari Lagu ini pula saia mengenal seorang Jason Mraz. Awalnya mungkin saia hanya sebatas tau Jason Mraz dengan I'm Yours-nya.


Lalu iseng - iseng saia coba cari lagunya yang lain. Dan saia pun menemukan lagu "Lucky" yang dinyanyikan featuring Colbie Caillat. Wah lagu ini lebih "dalem" lagi maknanya. Berikut reff dari lagu "Lucky":

"Lucky I'm in love with my bestfriend
Lucky to have been where I have been
Lucky to becoming home again..."

Berungtung aku jatuh cinta dengan sahabat terbaikku. Wah...beruntung ga sih jatuh cinta dengan sahabat terbaik?? Hehehehe... Udah - udah sekarang saia mau bahas tentang profil Kang Jason Mraz dulu nih. Jadi Jason Mraz itu memiliki nama lengkap Jason Thomaz Mraz, lahir di Majalengka...eh...salah... di Mechanicsville, Virginia, USA (tau ga dimana?? Coba liat aja di Google Earth. Deket - deket Garut tuh). Pria kelahiran 23 Juni 1977 ini senang memakai topi bulat (kayak Tompi aja ya). Di awal kariernya, Jason Mraz belum begitu mencuri perhatian pencinta musik. Namun ketika ia membawakan single "The Remedy (I Won't Worry)" pada tahun 2003, namanya mulai melejit. Sebenarnya Jason Mraz memulai kariernya di tahun 2001 dengan menelurkan (kayak ayam aja) album pertama yaitu Live at Java Joe's. Di tahun - tahun berikutnya ia terus melahirkan (nah sekarang kayak kucing) album - album yang luar biasa. Tercatat ada delapan album yang dirilis (bener ga??). Berikut beberapa album Kang Jason Mraz :

1. Live at Java Joe's (2001)
2. Sold Out (in Stereo) (2002)
3. The E Minor EP in F (2002)
4. Waiting My Rocket to Come (2002)
5. Tonight , not Again : Jason Mraz at The Eagles Ballroom (2004)
6. Mr. A - Z (2005)
7. Geekin' Out Across the Galaxy (2006)
8. We Sing, We Dance, We Steal Things (2008)

Menurut beberapa sumber, album ketujuh Jason Mraz (Geekin' Out Across the Galaxy) merupakan yang paling laris dan mendapat sambutan yang luar biasa dari pencinta musik di penjuru dunia. Secara general aliran musik yang dianut Jason Mraz adalah jazz, reggae, dan folk. Namun kalo saia dengerin secara mendalam (lebay yak ^__^) ada juga aliran seperti hip hop, rock, dan alternative. Kini Jason Mraz selain menjadi singer juga menjadi seorang song writer.

Sedikit curhat (lho...) kalo saia pribadi sih sangat menyukai beberapa lagu Kang Jason Mraz diantaranya "Lucky" (gw banget,hehehe), "I'm Yours", "Details in The Fabric", "Life is Wonderful" (request someone nih). Nah kalo yang penasaran sama lagu - lagu Kang Jason Mraz di album "Mr. A - Z" dan "We sing, We Dance, We Steal Things" silahkan nih disedot . Moga berkenan yah... ^o^~~~

Iklan : "SBY Presidenku" (indomie jingle)