Jangan Bernapas atau Meniup Air Minum

Ngerjain tugas mata kuliah Grafika Komputer ternyata cukup melelahkan juga. Alhasil seperti biasanya untuk menghilangkan penat, saya ngaskus aja deh. Cukup lama muter - muter ke sub forum Regional Balikpapan (Kalimantan Timur), sub forum Badminton Community, dan akhirnya berlabuh di sub forum primadona "The Lounge". Wah ada beribu - ribu thread disana, sempet bingung juga mau baca yang mana aja (yang pasti bukan BB++17 ya gan). Ga mau repot, saya cuma baca - baca di page one the lounge aja. Setelah membaca beberapa thread, akhirnya ada satu thread yang menginspirasi ane untuk membuat postingan blog ini.

Teman - teman blogger, pernahkah kita mendengar hadist Rasulullah Sholallahu 'Alaihi Wassalam sebagai berikut :  
Hadits Ibnu Abbas menuturkan "Bahwasanya Nabi Shallallaahu 'Alaihi Wassalam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya". (HR. At-Turmudzi dan dishahihkan oleh Al-Albani).

Nah mungkin selama ini saya menganggap hadist ini biasa saja. Tak ada yang istimewa. Logika saya mungkin jika kita bernapas didalam bejana (gelas) bisa - bisa air didalam gelas itu terhirup ke hidung kita. Alhasil bakalan kacau tuh, ga tega nulis keadaannya bakal seperti apa. Itu saja menurut saya (ilmiah ga sih?). Eh setelah membaca thread di The Lounge Kaskus, seketika hipotesa saya diatas tadi "tersaingi" secara "lebih" ilmiah dan teoritis (tak apalah...).

Jadi begini, seperti yang kita ketahui air memiliki nama ilmiah H20 (bener kan?). Ini berarti didalam air terdapat dua buah atom hidrogen dan satu buah atom oksigen dimana dua atom hidrogen tersebut terikat dalam satu buah atom oksigen (edan, serasa jadi guru kimia gini). Lalu bagaimana bisa meniup (terutama dalam kondisi panas) atau bernapas membahayakan kesehatan?? (penasaran kan?)

Agak serius dikit ya. Telah kita ketahui jika kita bernafas maka kita akan menghirup oksigen (O2) dan menghembuskan karbon dioksida (CO2). Nah
dalam kasus ini yang menjadi masalah adalah bila kita meniup/bernapas dalam gelas minuman tersebut, maka air itu akan bersenyawa dengan karbon dioksida yang kita hembuskan. Rumusnya begini kali ya : 
H20 + CO2 = H2CO3
(inget banget ngitung gini waktu masih sekolah)

Bener ga tuh kayak gitu reaksinya? (tolong mahasiswa jurusan Tek.Kimia atau Kimia dikoreksi kalo salah). Nah apakah H2CO3 itu? H2CO3 adalah senyawa asam karbonat, atau dengan nama lain karbon dioksida dalam air. zat asam inilah yang berbahaya bila masuk kedalam tubuh kita. Senyawa H2CO3 adalah senyawa asam yang lemah sehingga efek terhadap tubuh memang kurang berpengaruh tapi ada baiknya kalau kita mengurangi masuknya zat asam kedalam tubuh kita karena dapat membahayakan kesehatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati (bijaksana banget sih).


Apakah benar apa teori diatas?? Sekedar pembanding aja gan :
  • Reaksi antara CO2 dan H2O hanya terjadi pada suhu dan tekanan tinggi. CO2 dapat larut dalam air dalam tekanan tinggi, membentuk H2CO3. pada 25 derajat celcius, Kc = 1.70 x 10-3.
  • Untuk mencapai keseimbangan, reaksi antara CO2 dan H2O membutuhkan katalisator. Kalau tidak ada katalisator, reaksi ini akan berjalan lambat. 
  • H2CO3 merupakan asam lemah.

Well it just a sharing about something. Kalo anda ga bisa menerima teori diatas, saya tetap menyarankan anda agar tidak bernapas di dalam gelas saat minum atau meniup air minum dalam keadaan panas. Kenapa? (ga kalah ilmiah nih serta penuh logika)
  1. Kayak yang saya tulis diatas tadi, takutnya anda tersedak ketika bernapas pada saat minum (uhuk...uhuk...)
  2. Kalo minum sebaiknya jangan langsung sekali teguk. Beberapa kali tegukan aja. Karena Rasulullah pun jika minum seperti itu.
  3. (sorry agak disturbing) Dikhawatirkan kotoran dari hidung anda jatuh ke dalam gelas air minum itu (jangan dibayangin ya).
  4. Kalo air minum yang akan kita minum masih panas sekali, sebaiknya tunggu hingga agak dingin secara alami. Ya hitung - hitung sekalian tes kesabaran kita. Pengalaman ane minum air minum dalam keadaan panas, lidah jadi 'nyonyor', ampun dah...
  5. Yang terakhir, walaupun agak OOT dikit. Minum dan makanlah dengan menggunakan tangan kanan. Dan mulakan dengan membaca basmallah (guru ngaji mode on). Jangan berdiri minumnya, ambil duduk aja biar ga capek.

Hhmm saya pikir cukup untuk postingan kali ini. Bermanfaat ga? "Pastinya bermanfaat", saya ucapkan terima kasih. "Biasa aja sih", saya ucapkan terima kasih. "Ga banget deh", saya ucapkan terima kasih juga, kenapa? karena setidaknya anda sudah membaca artikel ini. Oke tetap semangat, tetap sehat, agar kita bisa terus jalan - jalan wisata kuliner. Pokok'e maknyus!!! (Kangen Pak Bondan)

7 comments:

  1. Akbar Surya Says:

    "Reaksi antara CO2 dan H2O hanya terjadi pada suhu dan tekanan tinggi. CO2 dapat larut dalam air dalam tekanan tinggi, membentuk H2CO3. pada 25 derajat celcius, Kc = 1.70 x 10-3"

    Kalau ga salah reaksi tsb digunakan untuk memproduksi minuman berkarbonasi, yg kita tahu ketika kita membuka kemasan minum maka akan dilepaskan buih (gelembung udara), dan buih tsb merupakan CO2 yang dilepaskan karena tekanan yang berbeda antara botol tertutup dan ketika botol terbuka.

    Dan biasanya CO2 dilarutkan ke H2O dengan menggunakan tekanan tinggi, CMIIW.

    Jadi apakah mungkin ketika 'hanya' meniup air maka CO2 akan terlarut?

    :)

    Posted on May 5, 2010 at 2:00 AM  

    Adefahrizal Says:

    Well it just a sharing about something. Kalo anda ga bisa menerima teori diatas, saya tetap menyarankan anda agar tidak bernapas di dalam gelas saat minum atau meniup air minum dalam keadaan panas. Kenapa? (ga kalah ilmiah nih serta penuh logika)

    1. Kayak yang saya tulis diatas tadi, takutnya anda tersedak ketika bernapas pada saat minum (uhuk...uhuk...)
    2. Kalo minum sebaiknya jangan langsung sekali teguk. Beberapa kali tegukan aja. Karena Rasulullah pun jika minum seperti itu.
    3. (sorry agak disturbing) Dikhawatirkan kotoran dari hidung anda jatuh ke dalam gelas air minum itu (jangan dibayangin ya).
    4. Kalo air minum yang akan kita minum masih panas sekali, sebaiknya tunggu hingga agak dingin secara alami. Ya hitung - hitung sekalian tes kesabaran kita. Pengalaman ane minum air minum dalam keadaan panas, lidah jadi 'nyonyor', ampun dah...
    5. Yang terakhir, walaupun agak OOT dikit. Minum dan makanlah dengan menggunakan tangan kanan. Dan mulakan dengan membaca basmallah (guru ngaji mode on). Jangan berdiri minumnya, ambil duduk aja biar ga capek.

    Posted on May 5, 2010 at 2:07 PM  

    borneobux Says:

    hmmm....pantesan anggota di rumah bilang seperti itu..tentang meniup makanan atau minuman yg lagi panas....ternyata ada penjelasan dan teori nya serta hadist....
    nice share bro...

    Posted on July 5, 2010 at 6:38 AM  

    verasugilestari Says:

    @ bung Akbar surya: makanan atau minuman panas yg mengandung komponen air (H2O) akan melepaskan uap panas H2O (steam) pada kondisi ruangan. Jadi di sini yang bereaksi adalah gas CO2 dgn H2O dalam bentuk uap (vapor) yg panas, bukan dengan H2O(l) dlm fase cair dr minuman panas yg kita minum.

    Posted on May 5, 2013 at 2:27 PM  

    putri farah yulita Says:

    kak aku mau nanya, cara ngebuktiin kalo oksigen itu ada apa? makasih:) heheh

    Posted on September 2, 2013 at 9:31 PM  

    putri farah yulita Says:

    This comment has been removed by the author.

    Posted on September 2, 2013 at 9:33 PM  

    putri farah yulita Says:

    maksudku cara ngebuktiin kalo oksigen itu ada gimana hehe

    Posted on September 2, 2013 at 9:34 PM