PKS Sedot Massa Partai Demokrat ??

Di luar perkiraan pengamat dan hasil survei, ternyata massa Partai Demokrat tidak sebesar yang diperkirakan oleh beberapa lembaga survei. Massanya disedot PKS? Kampanye pertama Partai Demokrat yang diselenggarakan di Jakarta dengan kekuatan penuh belum menunjukkan kebenaran prediksi para pengamat yang mengatakan PD akan merajai pemilu dengan suara 24% lebih.

Bayangkan saja kekuatan dan dana yang dikerahkan untuk kampanye Jumat (20/3), PD menyewa Gelora Bung Karno dengan menghadirkan sejumlah artis top dan grup band papan atas yang memeriahkan kampanye ini antara lain grup band Ungu, Andra and The Backbone, The Changcuters, Cici Paramida, dan Dewi Yull bahkan dihadiri langsung oleh ketua dewan pembina PD, SBY.

Namun demikian animo masyarakat menghadiri acara ini tidak seperti yang diharapkan, GBK yang memiliki kapasitas penuh 120 ribu orang ternyata di kampanye PD kali ini, peserta hanya memenuhi separuh lapangan. Sementara di tribun, hanya tribun bawah saja yang terlihat penuh sementara tribun atas kosong. Bisa diperkirakan yang dateng tidak sampai 60ribu, jauh dari perkiraan panitia yang menargetkan 100ribu.

Pada waktu yang bersamaan PKS yang kampanye di 5 titik di Jakarta , yaitu di Lapangan Blok S Jaksel, GOR Johar Baru Jakpus, Gelanggang Remaja Jakut, Lapangan WIKA Klender Jaktim, dan Lapangan Mercu Buana Jakbar ternyata berhasil menyedot massa yang luar biasa, bisa dikatakan PKS memutihkan 5 penjuru Jakarta ini, dan massa yang hadir

diperkirakan menembus 100 ribu. Namun perlu diingat bahwa dalam kampanye ini PKS tidak menyewa sekian banyak artis dan grup band terkenal seperti PD. Inilah luar biasanya PKS.

Dari kondisi kampanye PD dan PKS tersebut di atas bisa dikatakan PKS menunjukkan bahwa mereka lebih memiliki dukungan riil di Jakarta, dengan kata lain PKS mampu menyedot massa PD, hal ini berkebalikan dengan prediksi pengamat akhir-akhir ini. Kampanye door to door atau direct selling dan aksi simpatik yang sudah PKS lakukan jauh-jauh hari sebelum waktu kampanye rapat umum ternyata lebih memikat hati warga Jakarta.

Iming-iming suguhan pertunjukan artis dan band papan atas bahkan kehadiran presiden RI dan juga ketua dewan pembina PD bapak SBY pun tidak mampu mengalahkan keinginan warga Jakarta untuk mendatangi dan meramaikan kampanye PKS di 5 penjuru Jakarta.

Hal ini juga menunjukkan image PKS sebagai partai bersih tidak luntur oleh berita negatif yang dihembuskan rival politiknya disamping itu warga Jakarta lebih percaya kalau PKS memang peduli, tidak hanya dekat-dekat pemilu. Dengan kondisi demikian bukanlah hal yang mustahil PKS memenuhi targetnya secara nasional sebesar 20%.

Namun demikian catatan dari kami bahwa PD dan PKS yang sama-sama merupakan partai besar menunjukkan kampanye yang baik dan bisa mengendalikan massanya, sehingga meskipun dilakukan pada waktu yang bersamaan tidak ada keributan antar pendukung partai.

(http://inilah.com/berita/citizen-journalism/2009/03/21/92400/pks-sedot-massa-partai-demokrat/)

3 comments:

  1. md-jobs Says:

    PD itu tong kosong nyaring bunyinya..

    Posted on March 25, 2009 at 6:10 PM  

    KOESnadi Says:

    Semoga PKS bisa memenangkan pemilu dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik
    http://innakoe.blogspot.com

    Posted on March 25, 2009 at 6:42 PM  

    gorila asem manis Says:

    de,,, bagus nyasar di suatu artikel,,
    uda lama siC!! tapi masi enak buad dibaca hhoho
    mu baca ???!!!

    Posted on April 2, 2009 at 3:30 PM